Ternyata Inilah Penyebab Kanker Serviks, Wanita Wajib Baca

by 1 year ago
Tips Sehat 0   496 views 5

Ternyata Inilah Penyebab Kanker Serviks, Wanita Wajib Baca – Kanker Serviks, salah satu jenis kanker paling rawan dan hanya diderita oleh para wanita. Penyebab kanker serviks sebenarnya adalah HPV atau Human papillomavirus yang  menyebabkan mutasi gen pada mulut Rahim wanita dan bisa menyebar hingga ke seluruh organ jika sudah masuk pada stadium 4 / stadium akhir. Ada beberapa factor penyebab kanker serviks ini dan 99,7 % disebabkan oleh virus HPV ini. Virus HPV pada umumnya tersebar melalui hubungan seksual, di mana terjadi kontak langsung antara kulit kelamin, membran mukosa, atau pertukaran cairan tubuh, dan melalui seks oral.

Sejauh ini memang belum ada obat yang bisa mengatasi infeksi HPV ini sehingga kanker serviks mulai banyak diidap oleh para wanita, khususnya wanita yang sering berganti-ganti pasangan. Meski begitu sebenarnya kanker serviks butuh waktu bertahun-tahun untuk tumbuh. Perubahan sel normal menjadi abnormal ini membutuhkan waktu cukup lama sehingga kanker serviks bisa disembuhkan jika dapat diketahui sejak awal / dideteksi sejak dini. Untuk mencegah menyebarnya penyakit ini, ketahui penyebab kanker serviks pada wanita.

6 Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita

Aktifitas Seksual Terlalu Dini

Wanita yang melakukan hubungan seks di usia yang terlalu dini (dibawah 18 tahun) akan lebih besar resikonya terkena penyakit kanker serviks. Hubungan seks yang dilakukan di bawah umur dapat meningkatkan resiko penyebaran virus HPV karena Rahim dan saluran reproduksi belum terlalu matang.

Sering berganti pasangan seksual

Hindari melakukan hubungan seks dengan lebih dari satu orang pasangan, karena memiliki banyak pasangan seksual dapat meningkatkan resiko infeksi HPV. Penyebaran virus ini akan lebih mudah karena melalui banyak pria.

Merokok

Penyebab kanker serviks berikutnya yaitu wanita perokok. Merokok dapat meningkatkan resiko terkena kanker serviks karena kandungan bahan kimia yang ada dalam rokok sehingga akan menumpuk di leher Rahim dan menyebabkan mutasi gen, dari sel normal menjadi abnormal yang akhirnya menjadi kanker serviks bila terus berkembang.

Melahirkan Anak

Melahirkan anak pun bisa jadi penyebab kanker serviks menjangkiti wanita. Makin banyak anak yang dilahirkan seorang wanita, maka risiko mengidap kanker serviks semakin tinggi. Wanita yang punya tiga anak, tiga kali lebih berisiko terkena kanker serviks daripada wanita yang tidak punya anak sama sekali. Diperkirakan bahwa perubahan hormon saat sedang hamil membuat leher rahim lebih rentan terserang HPV.

Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Kekebalan tubuh yang lemah bisa memicu penyebab kanker serviks. Kondisi ini mungkin dikarenakan mengonsumsi obat tertentu seperti imunosupresan. Obat ini digunakan agar tubuh tidak menolak donor organ dari orang lain atau karena menderita HIV/AIDS.

Konsumsi pil Kontrasepsi / pil KB lebih dari lima tahun

Pil KB pun bisa jadi penyebab kanker serviks jika dikonsumsi lebih dari lima tahun. Wanita dengan pil KB yang selalu masuk tubuh lebih dari lima tahun ini dapat terkena resiko kanker serviks dua kali lipat. Meski begitu penyebab ini belum jelas alasannya.

Itulah penyebab kanker leher Rahim atau kanker serviks pada wanita yang wajib anda waspadai. Semoga kita semua sehat selalu, dapat terhindar dari kanker ganas yang mematikan itu. Salam sejahtera.