Tanda dan Gejala Kanker Serviks Stadium Awal Hingga Stadium Lanjut

by 1 year ago
Tips Sehat 0   527 views 0

Tanda dan Gejala Kanker Serviks Stadium Awal Hingga Stadium Lanjut – Ciri ciri kanker serviks memang agak susah untuk di ketahui di tahap awal, dan biasanya gejalanya akan terlihat saat masuk pada stadium lanjut atau stadium 4. Penyakit mematikan yang disebabkan oleh HPV atau Human papillomavirus ini menjadi ancaman bagi wanita. Sebenarnya kanker serviks bisa disembuhkan jika baru masuk pada tahap awal, namun jika sudah masuk pada tahap lanjut maka penyakit ini memang susah diobati. Sel kanker yang sudah menyebar ke seluruh organ lebih susah dihentikan. Oleh karena itu mari kita mengenal tanda dan gejala kanker serviks mulai dari tahap awal hingga tahap lanjut atau stadium akhir sehingga bisa mencegah penyebaran sel kanker sejak dini.

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Meski susah dideteksi namun ada tanda yang bisa anda cermati ketika mendapati adanya sel kanker dalam leher Rahim. Caranya yaitu dengan melakukan pemeriksaan dokter secara rutin, meliputi pemeriksaan sel HPV dalam leher Rahim, apakah selnya normal ataukah abnormal. Jika ditemukan sejak awal, proses penyembuhan adalah lebih besar dibanding yang sudah menyebar. Jika anda sudah tahu tentang penyebab kanker serviks (sudah diposting pada artikel sebelumnya), maka wajib bagi anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Lakukanlah scanning lainnya untuk mengetahui perkembangan sel di sekitar leher Rahim anda.

Gejala Kanker Serviks Stadium Sedang

Pada stadium sedang kita bisa mengetahui beberapa gejala kanker serviks yang lebih jelas secara fisik. Diantaranya :

  1. Pendarahan pada vagina

Tanda ini adalah yang paling umum dimana pendarahan yang terjadi bukanlah menstruasi dan sifatnya tidak teratur. Pendarahan dapat terjadi antara periode menstruasi atau setelah berhubungan badan atau kapan pun selama tidak berhubungan dengan masa atau siklus mens anda. Terkadang menunjukkan adanya keputihan bercampur darah, bahkan jika terjadi kanker pada menopause biasanya akan terjadi pendarahan juga. Inilah peringatan utama kanker serviks dan harus segera dikonsultasikan ke dokter.

Adapun gejala kanker serviks dengan pendarahan pada vagina diantaranya :

  • Datang tidak pada periode haid
  • Terjadi pada saat berhubungan badan
  • Terjadi setelah masa menepause
  • Terdapat campuran keputihan di darah
  • Masa haid yang jauh lebih lama dari pada biasanya.
  1. Rasa sakit luar biasa saat berhubungan seks

Jika anda merasa ada yang tidak beres pada vagina selama berhubungan seks maka anda patut waspada. Rasa sakit dan nyeri luar biasa bisa menjadi gejala kanker serviks di stadium sedang. Pastikan anda langsung berkonsultasi dengan dokter. Rasa sakit saat hubungan seks ini menjadi salah satu penentu terjangkitnya HPV pada leher Rahim anda.

  1. Keputihan Abnormal

Keputihan memang umum dialami wanita, namun keputihan yang jumlahnya tidak normal dan aroma serta warnanya tidak biasa dapat menjadi gejala kanker serviks stadium tengah / sedang. Ada penyebaran sel HPV di dalam serviks sehingga keputihan dalam jumlah besar pun terjadi.

Gejala Kanker Serviks Stadium Lanjut

Pada stadium lanjut gejala kanker serviks bisa lebih jelas ditemukan. Secara fisik maupun  bentuk tubuh dan perasaan yang dialami wanita akan Nampak jelas. Tanda kanker serviks sudah masuk stadium lanjut, diantaranya yaitu :

  • Sakit Punggung
  • Nyeri tulang atau patah tulang
  • Kelelahan
  • Keluarnya urin atau feses dari vagina
  • Nyeri pada kaki
  • Kehilangan nafsu makan
  • Nyeri panggul
  • Kaki bengkak
  • Menurunnya berat badan

Itulah ciri ciri kanker serviks dan gejalanya yang bisa anda ketahui untuk menjaga / mencegah kanker serviks menyerang anda. Semoga bermanfaat.