Cara Mencegah Kanker Serviks, Penyakit Mematikan yang Diderita Julia Perez

by 1 year ago
Tips Sehat 0   752 views 15

Cara Mencegah Kanker Serviks, Penyakit Mematikan yang Diderita Julia Perez – Kematian artis dan penyanyi Julia Perez nampaknya membawa kesadaran bagi kita akan pentingnya kesehatan. Menjaga pola hidup dan pola makan sangat penting demi menjaga kesehatan tubuh kita. Apalah arti banyak harta jika tubuh kita menjadi sarang perkembangan sel kanker. Penyembuhan ke luar negeri sampai rangkaian perawatan intensif sudah dilakoni Julia Perez demi kesembuhan. Namun perkembangan sel kanker yang begitu cepat membuat nyawanya tak tertolong. Untuk itulah penting bagi anda mengetahui cara mencegah kanker serviks sejak dini. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Cara Mencegah Kanker Serviks Melalui Metode Preventif Medis

Pap Smear

Cara mencegah kanker serviks secara medis yaitu dengan melakukan pap Smear, salah satu metode deteksi medis yang bisa dilakukan untuk mengetahui gangguan sel pada leher Rahim. Papsmear adalah alat skrining untuk mendeteksi adanya kanker serviks. wanita seharusnya mulai melakukan tes mencegahan kanker serviks sejak berusia 21 tahun. Setiap 3 tahun sekali, wanita wajib melakukan ini guna mencegah kanker serviks.

Dari metode pap smear ini bisa diperiksa mulai dari leher hingga panggul Rahim. Ini dilakukan agar kanker serviks tidak menyebar dan mencegah sebelum kanker menjalar ke bagian tubuh lainnya. Tak hanya yang sudah pernah melakukan hubungan seks saja, HPV bisa menjangkiti orang yang tidak menjaga kebersihan organ vital.

Suntik Vaksin HPV

Cara mencegah kanker serviks selanjutnya yaitu dengan suntik vaksin HPV untuk mencegah sejak dini. Vaksin HPV adalah vaksin yang tidak hidup akan tetapi tetap melindungi. Meski begitu tidak semua vaksin bisa melindungi semua jenis HPV, tetap dibutuhkan skrining untuk mencegah penyebaran kanker serviks. Vaksin HPV tak hanya diberikan pada anak perempuan di usia 11-12 tahun saja namun juga pria yang berusia 9-26 tahun wajib diberikan vaksin untuk mencegah tumbuhnya HPV pada kelamin. Vaksin di berikan sejak usia dini dikarenakan anak perempuan mendapatkan vaksin sebelum hubungan seksual pertama dan juga mereka belum mengetahui HPV. Untuk anak perempuan vaksin dapat mencegah hampir 100%.

Jangan Merokok

Cara mencegah kanker serviks yang paling ringan adalah dengan tidak merokok, baik pria maupun wanita disarankan untuk menghindari rokok. Zat nikotin dalam rokok, zat tar dan karbon monoksida bisa mengikat hemoglobin dalam darah dan memicu tumbuhnya sel kanker hingga menyebar ke seluruh tubuh.

Mengapa cara mencegah kanker serviks adalah dengan menghindari asap rokok? Karena Asap rokok yang mencegah sistem imun bagi kekebalan tubuh untuk melawan virus hpv. Aktivitas virus hpv akan meningkat dengan rokok yang memiliki sifat karsinogen. Zat karsinogen yang ada pada rokok akan memicu kerja virus hpv menjadi sel kanker.

Jangan Berganti-ganti pasangan seksual

Cara mencegah kanker serviks yang juga mudah dilakukan adalah jangan berganti ganti pasangan saat berhubungan seks. Virus HPV lebih mudah menyebar jika kita melakukan hubungan intim lebih dari satu pria. Penularan virus hpv bisa terjadi jika organ intim bertransmisi satu dengan lainnya jika salah satu diantaranya terinfeksi virus tersebut. Meskipun menggunakan kondom dalam berhubungan, hal tersebut tidak banyak membantu karena dengan sentuhan kulit dengan bakteri yang terkandung seseorang juga dapat terjangkit virus hpv.

Pola hidup sehat

Cara mencegah kanker serviks selanjutnya yaitu dengan pola hidup sehat. Gaya hidup yang lebih teratur, makan makanan sehat, hindari pengawet dan MSG serta makanan siap saji lainnya. Makanlah makanan yang kaya serat, penuh vitamin serta olahraga secara teratur dapat mencegah perkembangan kanker serviks. Tidak bisa di pungkiri bahwa cara mencegah kanker serviks yang cukup penting adalah menjaga kesehatan agar kondisi fisik tidak lemah.

Gunakan Alat Kontrasepsi

Kontak langsung atau sentuhan kulit kelamin dengan kulit mampu menjangkit virus HPV dan menyebar hingga tumbuh menjadi sel kanker. Oleh karenanya pemakaian alat kontrasepsi seperti kondom bisa menjadi cara mencegah kanker serviks sejak dini.

Cara Mencegah Kanker Serviks Secara Umum

Secara umum, cara mencegah kanker serviks bisa anda tempuh dengan jalan yang umum dilakukan misalnya :

  1. Rajinlah membersihkan organ vital anda / vagina.
  2. Jangan menggunakan toilet umum untuk membersihkan organ intim anda
  3. Hindari penggunaan sabun selesai buang air kecil atau buang air besar di area tersebut, karena kemungkinan PH kulit dan sabun tentu berbeda
  4. Jangan gunakan tissue di toilet karena kemungkinan sudah tercemar virus
  5. Rutin mengganti celana dalam minimal 2 kali dalam sehari
  6. Pada saat haid, ganti pembalut sesering mungkin, usahakan maksimal 3 jam satu kali, jika lagi “deras” bisa 2 jam sekali.
  7. Gunakan pembalut yang menggunakan bahan baik, yang berkualitas, dan tidak berbau.
  8. Jangan minum es ketika menstruasi berlangsung karena bisa terjadi pembekuan darah di leher Rahim sehingga menumpuk di area tersebut.

Itulah cara cara mencegah kanker serviks sejak dini. Semoga bermanfaat untuk anda dan semoga kita semua sehat selalu. Amin. Salam Sejahtera.

 

Incoming search terms:

  • cara-cara mencegah kanser serviks