4 Amalan Bulan Ramadhan Paling Sederhana Anjuran Rasulullah SAW

by 1 year ago
Amalan Islami 0   453 views 1

4 Amalan Bulan Ramadhan Paling Sederhana Anjuran Rasulullah SAW – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan ampunan, serta menjadi bulan agung yang sangat membuka pintu surge. Bagi siapa saja yang mau beramal saleh, bersedekah, berdoa dan melakukan amalan-amalan saleh lainnya. Banyak amalan yang bias kita lakukan, namun ada sekitar 4 amalan utama bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan Oleh Rasulullah SAW. Apa saja amalan bulan puasa atau bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan Rasulullah, Muhammad SAW.

Rasulullah SAW pernah berkhutbah diakhir bulan Sya’ban dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Dalam khutbah itu sang Rasul menjelaskan adanya empat amalan bulan Ramadhan paling sederhana dan mudah dilakukan. Wasiat-wasiat pun diberikan pada seluruh kaum muslimin agar meningkatkan amal ibadah di bulan puasa. Isi khutbah Nabi Muhammad SAW tersebut adalah sebagai berikut :

“Perbanyaklah melakukan 4 hal dalam bulan Ramadhan. Dengan dua hal, kalian akan mendapatkan ridha dari Rabb kalian, dua hal lainnya sangat kalian butuhkan. Dua hal, yang dengannya kalian mendapatkan ridha Rabb kalian, adalah syahadat Laa ilaaha illallaah dan beristigfar kepada-Nya. Adapun dua hal yang sangat kalian butuhkan adalah kalian meminta surga dan memohon perlindungan dari neraka.” (HR. Ibnu Khuzaemah dalam Shahih nya, dan Imam al-Mundziri dalam at-Targhib wat Tarhib mengatakan, Ibnu Khuzaemah berkata, “Khabar ini shahih”)

4 Amalan Bulan Ramadhan Mudah Dilakukan Ala Rasulullah

Dari isi khutbah Nabi di atas jelas sudah bahwa ke empat amalan bulan ramadhan yang bisa anda lakukan agar mendapat banyak pahala dan mendapatkan ampunan-NYA yaitu :

Membaca Syahadat

Syahadat adalah rukun Islam pertama yang harus dilakukan oleh orang yang beriman. Syahadat bisa dilakukan saat anda sholat wajib lima waktu (dalam tahiyat akhir). Artinya, selama bulan ramadhan kita harus melaksanakan solat lima waktu lebih rajin lagi daripada sebelumnya. Tujuan memperbanyak syahadat yaitu senantiasa menguatkan serta memperbarui keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya. Amalan bulan ramadhan yang satu ini sangat ringan dilakukan karena sudah terkandung dalam ibadah wajib.

Semakin banyak syahadat yang kita ucapkan baik dalam hati maupun bersuara, harapannya keimanan kita semakin menguat. Syahadat juga kita baca di luar shalat seperti pada pagi dan petang hari, juga setiap kali mengakhiri majlis ilmu. Dan ilmu ini akan menjadi berkah dalam kehidupan kita.

Istighfar

Selain syahadat, amalan bulan ramadhan paling mudah dilakukan adalah dengan membaca istighfar. Istighfar memiliki banyak sekali fadhilah. Diantaranya yaitu memperlancar rezeki, membuat kita mudah diampuni Allah, membawa keberuntungan dan mudah mendapatkan apa yang kita inginkan. Bahkan orang yang sudah lama tidak memiliki momongan, di bulan ramadhan ini dengan memperbanyak istighfar dipercaya bisa segera dikaruniai momongan oleh ALLAH SWT.

Apalagi di bulan Ramadhan, pintu ampunan dari Allah terbuka lebar. Sehingga, bulan ini momentum yang tepat untuk semakin berbenah, memperbaiki kesalahan di masa lalu.

Berdoa memohon Surga

Setiap kalii kita berdoa dipercaya akan mudah dikabulkan di bulan ramadhan ini. Rasul mengajarkan kita untuk meminta kenikmatan Surga jika dating hari kiamat kelak. Oleh sebab itu setelah selesai solat, saat ada waktu luang, setiap anda ingat Allah maka mintalah Surga. Niscaya Allah akan mengabkan doa tersebut sebagai amalan bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Meminta Perlindungan Siksa Neraka

Selain meminta kenikmatan Surga, Rasul juga menganjurkan pada kita untuk meminta perlindungan Allah dari siksa api neraka. Pada bulan Ramadhan, pintu langit terbuka, do’a-do’a yang dipanjatkan dengan tulus oleh seorang hamba akan sampai pada sisi Allah Subhanahu wa ta’ala sehingga akan dikabulkan.

Itulah amalan bulan ramadhan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Sederhana serta sangat mudah untuk diamalkan bukan? Mari kita berlomba lomba mengumpulkan pahala demi kehidupan lebih baik di akhirat kelak. Semoga bermanfaat untuk anda.